7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami

Rasa sakit pada menstruasi biasanya amat lah menyiksa bagi setiap wanita, apalagi di hari pertama. Untuk mengurangi rasa sakit haid secara alami, tidaklah harus menggunakan obat kimia. Ada cara-cara ampuh yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri haid dengan beberapa tipe rempah dan buah.

Nah, bagi kalian yang sedang bingung atau gelisah saat menghadapi sakit nyeri datang bulan, kalian bisa menggunakan atau mencoba cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Makan Pisang

Boleh percaya atau tidak, mengkonsumsi buah pisang dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk mengatasi sakit nyeri haid secara alami. Kandungan potasium pada pisang dipercaya dapat meringankan rasa keram dan nyeri pada bagian perut kita.

Selain itu, mood dan emosi pun akan lebih stabil jika rutin memakan pisang. Untuk mendapatkan efek yang lebih efektif, kalian bisa mengkonsumsi buah pisang ini secara rutin setiap pagi.

Kayu Manis

Sekedar informasi untuk kalian, ternyata kayu manis ini memiliki kandungan yang sangat baik dan berguna pada tubuh kita. Manfaat dari kayu manis ini pun banyak sekali, yang salah satunya dipercaya sejak dulu mampu menjadi pereda nyeri alami untuk perut kita.

Kandungan Antispasmodic yang ada pada kayu manis ini akan mencegah otot berkontraksi, yang biasanya menjadi penyebab keram dan nyeri pada perut kita. Untuk mengkonsumsi kayu manis ini, anda bisa menambahkan-nya pada makanan, campuran teh atau di konsumsi langsung.

Jahe

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa jahe merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki kandungan dan manfaat untuk tubuh kita. Jahe sudah digunakan sejak zaman dahulu kala, yang secara penelitian ilmiah sudah terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk nyeri haid.

Tumbuhan jahe ini memiliki senyawa yang dapat mengurangi produksi prostaglandins pada tubuh, yang membuat kontraksi urin selama menstruasi berkurang. Kalian dapat menggunakan jahe sebagai penghilang nyeri haid alami dengan mencampurkan-nya dengan teh hangat.

Teh Chamomile

Merupakan salah satu jenis minuman yang sudah terbukti dapat mengatasi masalah-masalah yang terjadi saat siklus menstruasi. Kandungan yang ada pada teh ini pun dapat membuat tubuh nyaman pada saat pre-menstrual syndrome (PMS) dan membuat emosi lebih stabil.

Agar teh cahmomile ini dapat bekerja secara efektif, ada beberapa trik yang harus dilakukan. Pada saat menyeduh daun/ saset chamomile dengan air panas, kalian diamkan dulu selama 5 menit agar kandungannya keluar dengan sempurna. Minumlah sebanyak 2 kali sehari minimal.

Akupresur

Akupresur merupakan cara yang mudah dilakukan untuk menghilangkan nyeri haid. Apabila anda menekan dengan keras punggung, kaki dan perut, aliran darah akan mengalir dengan lancar dan tubuh akan mengeluarkan senyawa Endrophin yang dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi nyaman.

Kamu juga bisa mencoba menekan bagian tangan diantara jempol dan telunjuk, yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit pada saat nyeri haid.

Suhu Panas

Rasa keram pada bagian perut biasanya terjadi akibat otot-otot tubuh dan syaraf yang terus berkontraksi. Untuk melemaskan-nya, kalian bisa menggunakan dari beberapa macam benda seperti heating pad, botol air minum dan kompresan handuk atau semacamnya.

Cara ini pun sangat mudah untuk dilakukan seorang diri. Kalian juga dapat mencoba mandi atau berendam dengan air hangat pun dapat meredakan nyeri haid. Karena otot-otot tubuh dan syaraf akan menjadi rileks.

Olahraga

Jika kalian ingin cara yang lebih gampang, kalian dapat mencobanya dengan berolahraga, meskipun banyak yang bilang olahraga akan menambah rasa nyeri. Padahal dengan bergerak dan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan Endorphin yang merupakan senyawa anti nyeri alami.

Kalian bisa juga memadukannya dengan senam atau yoga. Karena otot-otot yang bergerak akan membuat peredaran darah menjadi lancar. Inilah cara sederhana dan alami untuk mengatasi rasa sakit nyeri saat menstruasi. Jika tidak berhasil atau bertambah parah, segera konsultasikan kepada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *