3 Minuman Tradisional Kesehatan Asli Indonesia

minuman-tradisional-kesehatan

Minuman tradisional kesehatan asli Indonesia terkenal beraneka ragam dan memang terbukti bermanfaat. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki minuman tradisional versi mereka sendiri. Ini menjadi kekayaan asli Indonesia yang patut dilestarikan. Ada 3 jenis minuman tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan asli Indonesia dan terkenal luas dikalangan masyarakat. Berikut daftarnya.

Inilah 3 Minuman Tradisional Kesehatan yang Perlu Diketahui

Wedang Jahe

Minuman Tradisional Kesehatan

Dari generasi muda sampai senior, pasti tidak asing dengan minuman ini. Minuman kesehatan ini banyak ditemukan di toko kecil. Meski minuman tradisional, namun kini minuman ini banyak diproduksi masal dengan tampilan modern.

Wedang jahe merupakan minuman tradisional asli Indonesia yang berbahan baku jahe. Manfaatnya untuk kesehatan sangat banyak, seperti halnya jahe itu sendiri. Ketika minuman ini dikonsumsi, badan akan terasa hangat. Jika Anda sering mengalami hipotermia, jangan ragu untuk minum minuman ini.

Selain memberi rasa hangat pada tubuh, minuman ini juga bermanfaat untuk mengurangi stress dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Wedang ronde

Minuman Tradisional Kesehatan

Wedang ronde menjadi minuman tradisional kesehatan asli Indonesia yang diminati banyak orang. Minuman ini berasal dari Jawa dan dikenal hampir seluruh masyarakat. Wedang ronde bermanfaat bagi kesehatan karena terbuat dari rempah asli Indonesia.

Bahan baku kuahnya adalah jahe, terkadang ditambah dengan serai. Serai akan memberikan aroma yang harum dan menambah manfaat untuk tubuh. Mengonsumsi wedang ronde tidak hanya untuk penghangat badan, namun bisa juga untuk mengatasi sakit kepala. Bahkan masyarakat umum sering mengonsumsi minuman ini untuk mengobati masuk angin serta perut kembung.

Susu telur madu jahe

Minuman Tradisional Kesehatan

Minuman ini menjadi minuman kesehatan paling populer di Indonesia. Masing-masing bahan mempunyai nilai gizi dan manfaat sendiri. Jika digabungkan, maka Anda akan mendapatkan manfaat lebih.

Salah satu manfaat minuman ini adalah untuk menambah energi serta menjaga kekebalan tubuh. Ekstrak jahenya juga akan memberi rasa hangat.

Anda bisa memilih jenis minuman yang Anda suka, baik untuk penyembuhan maupun dikonsumsi seperti biasa. Data minuman tradisional kesehatan tersebut menunjukkan jika Indonesia punya cara tradisional dalam menjaga kesehatan.

Artikel Kesehatan Lainnya ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *